Beranda / Berita & Artikel / Detail

Bantu UMKM Melek Hukum dan Perizinan, ILUNI FHUI Selenggarakan Penyuluhan Untuk Pedagang

(SH/EOS), 19-12-2018 10:39

SinarHarapan id – Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengadakan penyuluhan terkait perizinan Online Single Submission (OSS) dengan mengangkat tema “Workshop UMKM Melek Hukum & Perizinan” yang didukung juga oleh PD Pasar Jaya, Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia, dan Koperasi Induk Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur pada Sabtu (15/12/2018).

Ketua Umum ILUNI FHUI, Ashoya Ratam mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program yang terdapat dalam rencana kerja ILUNI FHUI, yakni kegiatan Hari Bakti Alumni.

“Melalui kegiatan ini kami ingin agar UMKM dapat memahami secara komprehensif hal-hal terkait hukum dan perizinan, khususnya OSS. Hal ini dikarenakan ke depan, seluruh perizinan akan terintegrasi melalui OSS. Dengan kesadaran untuk mengurus legalitas usahanya, diharapkan UMKM akan terlindungi secara hukum,” katanya.

Ashoya juga menambahkan, ILUNI FHUI berkeinginan untuk turut berkontribusi dalam pengembangan UMKM sebagai salah satu pilar pengembangan ekonomi Indonesia.”

Rangkaian acara diawali dengan sambutan, doa, dan penyampaian materi oleh pembicara dari Kemenko Perekonomian dan Fakultas Hukum UI. Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 60 peserta ini, peserta antusias mendengarkan paparan dari narasumber sampai dengan selesai.

Dalam paparannya, narasumber menyampaikan bahwa dengan OSS, perizinan berusaha dapat diajukan baik oleh perorangan maupun badan usaha.

Jika badan usaha yang hendak mengajukan perizinan, maka terlebih dahulu harus memiliki bentuk badan usaha yang didirikan dengan akta Notaris dan didaftarkan melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) Kementerian Hukum dan HAM.

Selanjutnya, badan usaha tersebut mengurus perizinan melalui OSS dan akan memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB memiliki fungsi sebagaiSurat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan Akses Kepabeanan.

Di akhir acara, para peserta dapat berkonsultasi dengan para Notaris yang merupakan alumni FHUI yang akan membantu proses pendaftaran OSS sampai memperoleh NIB.


Share this post :