Beranda / Berita & Artikel / Detail

Nilai FHUI pada Akreditasi BAN-PT Meningkat Tajam

http://law.ui.ac.id, 11-08-2017 13:43

Di awal bulan Juli tahun ini, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) kembali memperoleh prestasi yang membanggakan. Sebagai fakultas tertua di UI sekaligus sekolah hukum pertama dan terbaik di Indonesia, FHUI tetap berkomitmen untuk mengembangkan mutu dan kualitas, baik dari aspek akademik maupun aspek manajemennya. Salah satu komitmennya dapat dilihat dari perolehan akreditasi terbaru dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). FHUI secara resmi menyandang Akreditasi A dengan nilai 380. Hal ini berdasarkan pada Surat Keterangan BAN-PT Nomor: 2173/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017. Nilai 380 merupakan nilai tertinggi yang pernah di raih oleh FHUI.

Ketua Unit Penjaminan Mutu Akademik FHUI Dr. Yeni Salma Barlinti, S.H., M.H. mengatakan, bahwa perolehan nilai pada tahun ini meningkat dibandingkan akreditasi sebelumnya dengan perolehan nilai 364.

Hasil akreditasi FHUI terbaru diperoleh melalui beberapa tahap, salah satunya kegiatan visitasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2017 – 14 Mei 2017 di Ruang Boedi Harsono Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), Kampus UI Depok. Tim Asesor yang terdiri dari Prof. Dr. Arifin Hamid M, S.H., M.H. (Universitas Hasanuddin) dan Dr. Angkasa, S.H., M.Hum (Universitas Jenderal Soedirman) melakukan penilaian dari beberapa aspek, yaitu: visi, misi, sasaran, strategi pencapaian, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, penjaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan, sarana dan prasarana, sistem informasi, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan tim asesor. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis harus disiapkan, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan (asesmen lapangan tim asesor) seperti dokumen-dokumen pelengkap, surat keputusan, standar operasi prosedur, memo, tesis, hasil penelitian, buku karangan dosen dan bukti-bukti kegiatan lainnya.

Tahap terakhir setelah melakukan visitasi, tim asesor melakukan pembobotan nilai, validasi hasil asesmen lapangan dan kemudian membuat keputuskan akreditasi.

Saat ini, seluruh program pendidikan di FHUI (S1, S2 Ilmu Hukum, S2 Magister Kenotariatan, S3) mendapatkan peringkat A.

Selain akreditasi dari BAN PT, dalam rangka peningkatan mutu manajemen, saat ini FHUI juga sedang mengupayakan sertifikasi dari: ISO 9001:2015 dan AUN QA yang juga diharapkan memperoleh hasil yang maksimal.

Untuk merayakan hasil perolehan akreditasi ini, FHUI mengadakan tasyakuran yang berbarengan dengan Rapat Staf Pengajar FHUI Semester Genap 2016/2017 pada Senin lalu (24/07), dengan mengambil tempat di Istana ‘Pura Mangkunegaran’ di Solo, yang juga dihadiri oleh Paduka Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX.


Share this post :